Hadiri Konferensi Nigeria, Din Ingatkan Pentingnya Toleransi Beragama

Syamsudin-DinJakarta – Tokoh-tokoh Islam dan Kristen dari penjuru dunia berkumpul di Nigeria untuk membahas perdamaian beberapa provinsi di negara itu akibat kurangnya toleransi. Ketua PP Muhammadiyah hadir menjadi salah satu perwakilan muslim di Asia.

Para tokoh agama yang berkumpul dalam acara tersebut merupakan bagian dari joint delegation yang diprakarsai Alul Bait Foundation dari Jordan dan World Council of Churches, Jenewa. Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin ikut mewakili Muslim Asia.

Delegasi mengunjungi dua provinsi, Kaduna dan Plateu, yang dilanda konflik beberapa waktu lalu, guna mencari fakta dari para tokoh agama lokal dan para korban.

“Konflik-konflik yang terjadi dipicu faktor-faktor non-agama, seperti sosial, ekonomi, dan politik, tapi agama kemudian dijadikan sebagai alat justifikasi dan basis solidaritas kelompok,” ujar Ketua Muhammadyah Din Syamsuddin, dalam rillisnya yang diterima detikcom, Sabtu, (26/5/2012).

Din menjelaskan ada faktor kesukuan yang kental, yang sering berhimpit dengan afiliasi keagamaan. Ini yang membuat konflik mendalam dan sukar untuk diatasi.

“Sering saya ungkapkan perlunya toleransi, kesediaan untuk hidup berdampingan secara damai,” sambungnya

Din menilai kegiatan ini bisa menjadi model resolusi dala menyelesaikan konflik berdimenasi keagamaan.

“Kegiatan ini bisa jadi model resolusi konflik yg berdimensi keagamaan, dan jika berhasil dapat diterapkan di tempat lain,” tandasnya.

Detik.com: http://news.detik.com/berita/1925329/hadiri-konferensi-nigeria-din-ingatkan-pentingnya-toleransi-beragama

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *