PM Inggris curhat 5 ribu warganya gabung ISIS

Perdana Menteri Inggris David Cameron. ©Reuters

Perdana Menteri Inggris David Cameron. ©Reuters

Merdeka.com – Perdana Menteri Inggris David Cameron curhat pada ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengenai warganya yang gabung dengan kelompok radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Menurut Din, PM Inggris itu menganggap Indonesia berhasil menekan penduduknya untuk tidak bergabung dengan ISIS.

“Indonesia dinilai relatif berhasil untuk mengerem menghadapi tantang tersebut. Paling tidak terindikasi dari pendukung ISIS yang di Suriah sana. Beberapa ratus dari Indonesia, dibanding UK yang sampai 5.000 sedangkan kita hanya 500 orang,” ujar Din saat ditemui di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Selasa (28/7).

Menurut Din, PM Cameron ingin belajar untuk menghadapi dan menangani tantangan serta ancaman radikalisme yang menggunakan kekerasan. Secara spontan, ujar Din, berbagi cerita mengenai faktor-faktor yang terjadi di Indonesia.

“Di Indonesia, ormas-ormas Islam memiliki kepercayaan diri dan mampu menampilkan naratif yang berseberangan seperti ISIS. MUI langsung mengumpulkan ormas-ormas tersebut dan kita sepakat ISIS kelompok politik radikal yang menggunakan bahkan menyalahgunakan agama untuk kepentingan tertentu,” lanjut dia.

Din sendiri merasa bersyukur dan bangga Inggris mau meminta pendapat dari Indonesia, dan mau belajar dari Indonesia cara menghadapi kasus radikalisme ini.

“Saya pribadi merasa bersyukur, berbangga, dan sedikit tersanjung jika Indonesia dianggap oleh pihak luar, dalam hal ini Inggris, berhasil menghadapi tantangan radikalisme tersebut,” sambung Din.

Din berpesan kepada umat muslim di Inggris dan Indonesia, jika watak Islam yang rukun dan damai harus dikembangkan. Dia mengatakan, watak Islam sebagai agama rahmatan lil al amin yang sama dengan prinsip jalan tengah harus terus menerus disampaikan kepada umat Islam dunia.

Selain Din Syamsuddin, tokoh Islam lain yang bertemu dengan PM Inggris itu adalah Profesor Alwi Shihab, Yenny Wahid, serta ketua Masjid Sunda Kelapa Hasan Mahmud.

http://www.merdeka.com/dunia/kepada-din-syamsudin-pm-inggris-curhat-5-ribu-warganya-gabung-isis.html

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *