Pertama Kali Dalam Sejarah Muhammadiyah: Din Syamsuddin Dilantik Jadi Ketua Ranting Muhammadiyah

DS RAPAT CALON PRM  PONDOK LABU

Suasana Rapat Pemilihan Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Pondok Labu, Cilandak, Jaksel, beberapa waktu lalu (25/10/15)

Jakarta—Pertama kali terjadi dalam sejarah Muhammadiyah, mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat  Muhammadiyah dilantik menjadi Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM). Hal ini akan berlangsung pagi ini, Rabu (18/11/2015) pukul 09.00 di Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Sesuai undangan yang diterima redaksi, pagi ini Prof. Dr. Din Syamsuddin, MA akan dilantik menjadi Ketua PRM Pondok Labu oleh Ketua PDM Jakarta Selatan dan disaksikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr.  H. Haedar Nashir, M.Si.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Dr. Abdul Mu’ti di Jakarta langsung mengucapkan  selamat atas pelantikan Pimpinan Ranting Muhammadiyah ini, dan memberikan apresiasi positif serta mengaku banggga dan menilai terobosan yang dilakukan Din benar-benar sangat luar biasa karena pada susunan pengurus yang diterima, terdapat banyak tokoh nasional dan  internasional yang ikut bergabung.

“Salut. Mas Din telah melakukan hal baru. Bahwa beliau sebagai mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, kemudian mau turun langsung membina Umat di Pimpinan Ranting. Mas Din benar-benar membuktikan bahwa berkhidmat di  Muhammadiyah itu bukan sekedar karena  mencari kedudukan, tetapi yang dia lakukan adalah untuk memajukan Muhammadiyah dan bangsa di tingkat akar rumput,”ujar Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah periode 2002-2006 ini.

Mu’ti  berharap,  Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pondok Labu yang dipimpin Din nantinya akan menjadi Ranting Teladan bagi Ranting yang lain di berbagai daerah di Indonesia.  “Yang  kita tunggu nanti, bagaimana Ranting ini akan menjadi Ranting ideal  dimana akan memiliki  amal usaha yang unggul dan tentu amal usaha yang bisa dibanggakan warga Muhamadiyah khususnya dan rakyat Indonesia pada umumnya,”tegas pria kelahiran Kudus, 2 September 1968 itu.

Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah 2005-2010 dan salahsatu  Advisor di The British Council London sejak 2006 ini mengakui, ini memang peristiwa pertama dalam sejarah Muhammadiyah. “Benar, ini pertama kali terjadi. Dulu Pak AR juga pernah, tetapi bukan menjadi Ketua Pimpinan Ranting. Pak AR masih berkenan masuk anggota PP Muhammadiyah setelah sukses menjadi Ketum beberapa periode. Tetapi kalau mantan Ketua Umum kemudian menjadi Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah, ini baru pertama,” jelasnya.

Ditambahkan, adanya susunan pengurus yang diisi orang besar, tentu akan menjadi tantangan tersendiri. Mu’ti  punya harapan besar akan segera adanya amal usaha yang unggul menjadi role model bagi Ranting yang lain.

Dalam dokumen yang diterima redaksi, memang terdapat nama-nama yang turut menjadi penasehat  Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pondok Labu. Sebut saja, ada nama Jimmly Ashshidiqie, Ryaas Rasyid, Adi Sasono, bahkan ada nama Menteri Anies Baswedan. Ada anggota DPR RI Rully Chairul Azwar, dan Pengacara Senior Henry Yosodiningrat. Pelantikannya sendiri, akan dilaksanakan di Komplek Masjid Al Bay’ah Jalan Tridarma Pondok Labu, Cilandak Jakarta Selatan, tidak jauh dari kediaman Din Syamsuddin. (mst)#

Muhammadiyah.or.id: http://www.muhammadiyah.or.id/id/news-4952-detail-pertama-kali-dalam-sejarah-muhammadiyah-din-syamsuddin-dilantik-jadi-ketua-ranting-muhammadiyah.html

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *